Tumor Lambung - Tahap Awal Gejalanya Yang Susah Dideteksi

Tumor Lambung Tahap Awal Gejalanya - Lambungku.com,- Tumor lambung merupakan jenis tumor yang tumbuh di lambung. Tumor ini pun akan terus berkembang dan menggerogoti jaringan yang terdapat di dalam lambung. Jika dibiarkan, maka sel-sel tumor tersebut tidak hanya akan menyerang lambung saja, tetapi juga bisa menyerang organ-organ lain yang ada di dalam tubuh.

tumor lambung

Tumor Lambung dan Gejalanya

Oleh sebab itulah, Anda benar-benar harus mempelajari gejala-gejala awal yang akan dirasakan oleh para penderita tumor lambung. Dengan begitu, Anda bisa langsung menghubungi dokter jika merasakan kodisi lambung yang mencurigakan.

Gejala-gejala tumor lambung sendiri terkadang sulit untuk dikenali, tetapi umumnya penderita tumor lambung tahap awal akan merasakan gejala-gejala berikut.

  • Perut Kembung

Perut kembung dipastikan merupakan gejala tumor lambung jika terjadi dalam jangka waktu yang lama dan terus terjadi secara berulang-ulang. Gejala ini umumnya akan disertai dengan gejala lain, yaitu sendawa yang terus menerus.

  • Sering merasa mulas

Waspadalah jika Anda sering merasa mulas. Terutama jika rasa mulasnya berlangsung lama dan sulit disembuhkan meski telah mengonsumsi obat tertentu. Ini karena kondisi tersebut terjadi akibat adanya tumor yang tumbuh di lambung Anda.

  • Timbul rasa nyeri di tulang dada

Mereka yang terserang tumor lambung tidak hanya akan mengalami rasa sakit di bagian perut saja, tetapi juga terkadang rasa sakitnya merambat hingga ke tulang dada. Jika Anda merasakan hal ini, maka itu tandanya sel tumor telah menyerang jaringan dan organ lain yang berada di sekitar lambung.

  • Sering mual yang disertai muntah

Gejala ini sering kali dianggap sepele oleh para penderita tumor lambung. Ini karena gejala tersebut sangat mirip dengan gejala maag atau flu perut. Tetapi berbeda dengan gejala maag atau flu perut, mual yang disertai muntah pada penderita tumor lambung biasanya berlangsung lama dan tidak normal. Selain itu, penderita juga terkadang bisa muntah darah.

  • Mudah merasa kenyang

Tumor yang tumbuh di dalam lambung membuat proses pencernaan menjadi terganggu sehingga cukup wajar jika penderitanya mudah merasa kenyang saat mereka mengonsumsi makanan. Ini karena lambung mereka memang sudah sulit untuk menerima asupan makanan.

  • Sulit menelan makanan

Para penderita tumor lambung umumnya akan merasa kesulitan saat menelan makanan. Ini karena sel-sel tumor juga menyerang otot-otot dan jaringan yang terdapat dikerongkongan.

  • Berat badan yang terus menurun secara drastis

Memiliki berat badan yang ideal memang menjadi impian banyak orang, terutama para wanita yang ingin selalu tampil cantik dan sempurna. Tetapi jangan senang dulu jika berat badan Anda tiba-tiba saja menyusut secara dratis.

Sebaliknya, Anda harus waspada karena bisa jadi menyusutnya berat badan Anda merupakan pertanda bahwa Anda terserang tumor lambung. Kondisi ini terjadi karena penurunan fungsi kerja lambung.