Tukak Lambung - Luka Lambung - Penyebab dan Gejalanya

Tukak Lambung / Luka Lambung - Lambungku.com,- Tukak lambung merupakan luka yang muncul di lapisan permukaan lambung yang bersentuhan secara langsung dengan isi lambung dan makanan yang masuk ke lambung.

Tukak lambung sendiri di tahap awal hanya terjadi di lapisan selaput lendir yang terdapat di permukaan lambung saja. Tetapi secara perlahan, tukak akan semakin parah dan dalam sehingga mampu melewati sejumlah lapisan seperti submukosa dan lapisan otot. Bahkan lambung pun bisa tembus dan berlubang.

tukak lambung gejala dan penyebabnya

Tukak Lambung Penyebab dan Gejalanya

Tukak lambung sendiri bisa terjadi karena asam lambung yang terus meningkat sehingga menyebabkan terkikisnya lapisan lambung. Selain menimbulkan luka pada lambung, asam lambung yang berlebih ini juga bisa menyebabkan luka pada bagian lain dari saluran pencernaan seperti bagian pertama dari usus kecil dan mukosa esofagus atau kerongkongan.

Tukak lambung sendiri adalah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Umumnya penyakit ini terjadi pada mereka yang telah berusia lebih dari 60 tahun. Meski demikian, tukak lambung juga bisa menyerang semua orang dari berbagai usia.

Gejala Tukak Lambung

Gejala yang paling umum dan paling sering dirasakan oleh para penderita tukak lambung adalah sakit perut. Saat Anda merasakan gejala ini, itu artinya asam lambung telah mengikis mukosa.

Sakit perut yang merupakan gejala tukak lambung sendiri memiliki ciri-ciri tertentu, seperti :

  • Rasa nyeri ada dibagian ulu hati yang terletak di antara tulang dada dan pusar.
  • Rasa nyeri ini akan bertambah parah di malam hari tetapi akan berkurang saat makan atau setelah mengonsumsi obat penurun asam lambung.
  • Rasa nyeri akibat tukak lambung bisa hilang selama beberapa hari. Tetapi biasanya rasa sakit ini akan muncul kembali.

Selain gejala di atas, pada penderita juga akan merasakan gejala lain seperti muntah, berat badan menurun drastis, kehilangan nafsu makan dan berubahnya warna tinja menjadi hitam.

Penyebab Tukak Lambung

Ada faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya pengikisan lapisan lambung dan secara umum, penyebab dari timbulnya tukak lambung ini adalah :

  • Infeksi helicobacter pylori

Helicobacter pylori merupakan bakteri yang menghasilkan toksin yang cukup berbahaya bagi lambung. Toksin yang dihasilkan bakteri ini ini pun mampu meningkatkan asam lambung, menipiskan selaput pelindung dan merusak jaringan lambung.

  • Obat anti inflamasi non-steroid (OAINS)

Mengonsumsi obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terserang tukak lambung, kondisi ini pun lebih sering terjadi pada para lansia.

  • Kebiasaan mengonsumsi minuman keras

Alkohol memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih dan dapat menipiskan selaput pelindung lambung.

  • Peningkatan asam lambung

Kondisi ini bisa terjadi karena Anda terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, merokok, stres ataupun terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas.