Polip Lambung - Penyakit Lambung - Gejala Umum

Polip Lambung dan Gejalanya - Lambungku.com,- Polip lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang sering terjadi dan sudah banyak orang yang menderita penyakit ini. Tetapi biasanya, para penderita polip lambung tidak menyadari bahwa di dalam lambung mereka terdapat polip yang menimbulkan sejumlah gejala tertentu. Ini terjadi karena tidak banyak orang yang mengetahui penyakit ini dan gejala-gejala yang ditimbulkannya.

polip lambung gejaladan penyebab

Polip Lambung Penyakit Lambung Yang Harus Diwaspadai

Penyakit gasthritis dan tukak lambung adalah hal pertama yang dipikirkan seseorang saat mereka merasakan rasa perih di daerah lambung, begah, perasaan penuh di perut bagian kiri dan mual yang membuat mereka kehilangan selera makanan.

Padahal semua gejala tersebut bisa jadi disebabkan oleh munculnya tumor yang dikenal dengan nama polip lambung. Di tahap awal, polip lambung ini sama sekali tidak menimbulkan gejala apapun. Ini karena polip masih berukuran kecil dan mirip dengan daging biasa yang terdapat di dalam lambung.

Tetapi jika polip tersebut terus tumbuh hingga mencapai ukuran yang cukup besar akibat kondisi-kondisi tertentu, maka polip akan menimbulkan sejumlah masalah. Ini karena bentuk polip lambung yang cukup besar sering kali mengecoh sistem lambung. Lambung pun mengira polip sebagai makanan sehingga organ tersebut mengeluarkan lebih banyak enzim.

Kondisi ini membuat dinding-dinding lambung tereksitasi sehingga menyebabkan munculnya luka di dinding lambung. Jika ukuran polip semakin besar, maka masalah yang terjadi bisa lebih kompleks. Polip bisa menghalangi makanan yang masuk ke lambung sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik. Tubuh penderita pun akhirnya tidak mendapatkan suplai makanan yang cukup.

Masalah lain yang akan ditimbulkan oleh ukuran polip yang besar adalah ketika makanan yang belum tercerna sepenuhnya tersebut memasuki area usus halus. Usus halus yang lebih tipis akan teriritasi sehingga masalah pun bisa menyebar ke berbagai bagian dari sistem pencernaan penderita.

Sebagian besar kasus polip lambung ini terjadi karena tukak lambung. Saat lambung sering mengalami peradangan, maka bekas-bekas luka yang terdapat di lambung akibat tukak akan menyisakan guratan yang mirip keloid di permukaan lambung. Pada mereka yang mudah terserang polip, permukaan lambungnya akan tampak tidak normal dan berjonjot-jonjot.

Saat guratan bekas luka tersebut mengalami paparan kondisi tertentu, misalanya seperti ketidak seimbangan hormonal, masalah genetik atau masalah toksisitas, maka guratan tersebut bisa menumbuhkan sel abnormal. Nantinya sel abnormal tersebut pun bisa berkembang menjadi polip.

Pada kondisi tertentu, polip lambung yang dibiarkan akan menjadi sel kanker ganas yang pastinya akan menimbulkan masalah besar terhadap tubuh penderitanya. Jadi sebelum berkembang hingga terlalu parah, maka ada baiknya Anda mewaspadai gejala-gejala yang muncul.

Gejala Polip Lambung

Pada kondisi tertentu, polip lambung ini akan menimbulkan sejumlah gejala seperti :

  • Nyeri di ulu hati
  • Mudah merasa kenyang
  • Muntah
  • Perasan yang tidak nyaman di lambung
  • Berat badan menurun
  • Mengalami masalah pencernaan