Gejala Penyakit Lambung GERD Yang Harus Anda Kenali

Gejala Penyakit Lambung GERD - Lambungku.com,- Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD merupakan penyakit lambung yang ditandai dengan munculnya sensasi terbakar di bagian dada atau rasa nyeri di ulu hati. Kondisi tersebut terjadi akibat naiknya asam lambung hingga menuju esofagus.

Penyakit asam lambung ini bisa dibilang merupakan penyakit yang umum terjadi di masyarakat. Umumnya Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD ini disebabkan oleh lower esophageal sphinchter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik.

gejala penyakit lambung

Gejala Penyakit Lambung

LES sendiri merupakan lingkaran otot yang ada di bagian bawah esofagus. LES ini berfungsi sebagai pintu yang secara otomatis akan terbuka saat makanan atau minuman turun menuju lambung. Nantinya setelah makanan masuk, LES akan menutup dengan sendirinya untuk mencegah naiknya asam dan makanan yang ada di dalam lambung ke esofagus.

Jika LES tidak menutup dengan baik, maka asam lambung akan keluar dari perut dan menyebabkan terjadinya Gastroesophageal Reflux Disease. Saat hal ini terjadi, maka akan ada sejumlah gejala penyakit lambung yang kemungkinan akan dirasakan penderita seperti munculnya rasa nyeri di ulu hati, sensasi terbakar di bagian dada dan perasaan tidak enak di sekitar kerongkongan dan mulut.

Sama seperti penyakit lain, penyakit lambung GERD juga memiliki sejumlah gejala yang akan dirasakan oleh penderitanya dan gejala penyakit lambung GERD yang paling umum adalah :

  • Refluks asam lambung

Asam lambung yang ada di dalam perut akan naik ke kerongkongan dan mulut. Hal ini akan menyebabkan kerongkongan dan mulut terasa pahit dan asam.

  • Nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di bagian dada

Kondisi tersebut akan dirasakan di bagian tulang dada. Ini terjadi karena asam lambung yang naik ke esofagus. Umumnya rasa nyeri tersebut akan terasa lebih kuat ketika membungkuk atau setelah makan.

Selain kedua gejala penyakit lambung di atas, para penderita penyakit lambung GERD juga akan merasakan sejumlah gejala lain seperti :

  • Perasaan ada yang menganjal di kerongkokan ketika menelan makanan
  • Batuk kering yang tanpa henti. Kondisi ini biasanya terjadi di malam hari
  • Laringitis atau peradangan pada laring yang membuat suara menjadi parau dan rasa sakit dibagian tenggorokan
  • Mengi
  • Nyeri saat menelan makanan
  • Terjadi kerusakan pada gigi
  • Bau nafas tidak sedap
  • Kembung dan bersendawa
  • Meningkatnya jumlah air liur secara tiba-tiba

Jika Anda merasakan gejala penyakit lambung GERD tersebut sekitar satu atau dua kali sebulan, maka Anda tidak memerlukan intervensi dokter. Penyakit tersebut pun dapat diatasi dengan cara mengubah menu makanan yang biasa Anda konsumsi.

Tetapi jika gejala penyakit lambung yang Anda rasakan terasa semakin parah dan sering terjadi, maka ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan obat yang tepat untuk Anda.