6 Makanan Anjuran Penderita Penyakit Lambung Bagus Konsumsi Tiap Hari

Anjuran Penderita Penyakit Lambung Konsumsi 6 Makanan Ini - Lambungku.com,- Penyakit lambung seperti maag merupakan kondisi yang sering dialami oleh masyarakat. Untuk sebagian orang, penyakit ini sama sekali tidak menimbulkan masalah yang cukup serius dan dapat sembuh setelah mengonsumsi obat tertentu. Tetapi pada sejumlah orang, penyakit tersebut bisa menimbulkan gejala-gejala yang sangat mengganggu. 

anjuran penderita penyakit lambung

Anjuran Penderita Penyakit Lambung

Lambung sendiri memiliki lapisan pelindung yang berfungsi untuk melindungi dinding lambung dan mampu memproduksi asam lambung yang dapat membantu dalam proses pencernaan makanan. Tetapi saat asam lambung diproduksi secara berlebihan, maka asam tersebut dapat mengikis lapisan pelindung yang terdapat di dinding lambung sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri.

Jika Anda merupakan orang yang memiliki masalah asam lambung tinggi dan sudah merasakan sejumlah gejala maag, maka Anda sebaiknya menghindari makanan tertentu yang dapat memperparah gejala penyakit lambung yang Anda alami.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengikuti anjuran penderita penyakit lambung yang kami bahas dalam artikel ini. Anjuran tersebut adalah mengonsumsi sejumlah makanan tertentu.

Lantas apa saja makanan anjuran penderita penyakit lambung?

Madu

Madu adalah makanan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Salah satunya adalah mengendalikan produksi asam lambung. Dengan begitu, asam lambung tidak akan dikeluarkan secara berlebihan.

Selain itu, madu juga bisa membunuh helicobacter pylori yang menjadi penyebab terjadinya infeksi H. Pylori di perut.

Pisang

Buah yang satu ini merupakan buah yang banyak mengandung kalium. Di dalam satu buah pisang yang berukuran sedang pun terkandung sekitar 422 mg kalium.

Pisang sangat dianjurkan untuk para penderita penyakit lambung. Ini karena kalium yang terkandung di dalam pisang mampu membantu menetralkan asam yag berlebih di dalam lambung.

Blewah

Blewah merupakan salah satu sumber vitamin A dan C. Selain itu, sama seperti pisang, blewah juga mengandung banyak kalsium. Di dalam 100 gr blewah pun terdapat 309 mg kalium. Kalium yang terdapat di dalam blewah  ini mampu menetralkan asam lambung sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh para penderita penyakit lambung.

Alpukat

Kandungan kalium yang terdapat di dalam alpukat lebih tinggi dari blewah . Di dalam 100 gr alpukat sendiri terdapat 485 mg kalium.

Kentang

Bisa dibilang kadar kalium yang terkadung di dalam kentang tidak sebanyak kandungan kalium yang terdapat di dalam pisang.

Dalam 100 gram kentang pun hanya terdapat sekitar 200 mg kalium. Namun selain sebagai sumber kalium, sayuran ini juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik.

Melon

Di dalam melon terkandung banyak sekali zat yang sangat baik untuk tubuh, termasuk folat, magnesium, thiamin, Vitamin A dan Vitamin C. Selain itu, melon juga sangat baik bagi penderita asam lambung. Ini karena di dalam 100 gram melon, terdapat 280 mg kalium.

Itulah anjuran penderita penyakit lambung yang dapat kami sampaikan semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat, jangan lupa share ke teman anda jika informasi ini bermanfaat.